SELAMAT DATANG DI BLOGGER ANAK MADINA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم

Rabu, 03 April 2013

7 tips Sukses Usaha Event Organizer

tips membuka usaha event organizer

Apakah anda tertarik membuka usaha event organizer?
Berikut ini ada beberapa info menarik tentang bagaimana sukses membuka usaha event organizer.
Bagi anda yang memiliki usaha event organizer, disarankan anda mengikuti beberapa tips dan saran di bawah ini agar usaha anda tersebut bisa lancar dan memberikan keuntungan yang sepadan dengan jerih lelah anda dan tim.
Syarat agar usaha event organizer ini bisa sukses biasanya terletak pada 7 hal mendasar di bawah ini:
1. Sebelumnya Anda memiliki atau sering terlibat pada acara-acara penyelenggaraan di banyak event-event dari usaha event organizer milik orang lain.
Bisa jadi sebelum memutuskan untuk memiliki usaha event organizer sendiri, anda memang memiliki bakat/passion dibidang ini dengan sering terlibat dalam acara-acara even baik itu dibelakang layar, marketing maupun turun langsung dilapangan.
2. Anda memiliki rekanan/tim yang “otak kanan” artinya banyak berpikir kreatif dan inovatif ketika membuat rencana sebuah even karena ini adalah modal yang berharga.
Anda bisa membuat proposal  atau menawarkan jasa event organizer kepada perusahaan-perusahaan corporat karena ide usaha anda unik dan menarik.
Dengan modal ide kreatif dan bisa membuat event yang menarik maka bisa menarik banyak perusahaan-perusaha besar seperti provider, rokok, dll untuk mau bekerjasama membuat event dengan anda.
3. Anda memiliki relasi bisnis baik dari klien/sponsor yang  mengenal kredibilitas Anda. Semakin banyak relasi yang anda kenal akan membuat laju usaha event organizer milik anda berkembang cepat. Karena usaha event organizer ini bisa sukses karena faktor kepercayaan dari klien/sponsor
4. Memiliki modal usaha untuk pembiayaan sebuah even. Terkadang sebagai pelaku usaha event organizer, anda harus mau menanggung dulu biaya event, baru setelah itu dari pihak sponsor akan menggantinya.
Dengan kata lain, anda harus memiliki uang yang cukup sebagai modal awal menjalankan usaha event organizer ini karena tidak semua sponsor/rekanan bisa membayar 100% di muka. Bahkan terkadang event sudah selesai sekian bulan, baru sanggup melunasi.
5. Memiliki tim kerja yang profesional. Terkadang anda harus bekerjasama dengan banyak pihak demi suksesnya sebuah event, karena itu dengan memiliki banyak rekanan, diharapkan anda akan mendapatkan tim kerja yang profesional dan cakap sebagai partner kerja anda di lapangan.
So, pastikan anda memiliki anak buah yang professional dan bisa diandalkan agar event yang anda rencanakan bisa terlaksana sesuai dengan rencana dan tidak membuat malu usaha event organizer yang sedang anda rintis.
 
6. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi kepada pelanggan/klien/sponsor anda apabila anda telah menemukan rencana event yang tepat untuk mereka.
Komunikasi antara pihak event organizer dan pelanggan sangat penting agar tercipta event yang sukse dan tidak ada masalah di kemudian hari.
Anda bisa memberikan nomer yang bisa dihubungi oleh pelanggan dimana kemudian anda dan pelanggan bisa mengadakan diskusi dan pertemuan untuk membahas event organizer yang anda rencanakan.
7. Jangan lupa untuk memberitahukan kepada publik bahwa anda memiliki usaha event organizer, caranya tidak lain dan tidak bukan adalah melakukan promosi.
Promosi sangat penting untuk membuat pelanggan tahu bahwa anda menjual jasa event organizer ini. Apabila anda sukses membuat sebuah event dan pelanggan merasa puas, pelanggan anda tersebut akan secara tidak langsung mempromosikan jasa anda kepada teman-temannya sehingga usaha anda akan menyebar ke publik dengan sendirinya.
Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi anda sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan uang untuk melakukan promosi. Satu hal yang terpenting dalam jasa ini adalah berikan sesuatu yang terbaik kepada pelanggan anda.
Nah jika anda berniat menjalankan usaha event organizer ini maka 4 hal berikut ini harus masuk pada prioritas kerja anda, yaitu:
  
1. Anda harus bisa memilih pasar ceruk yang spesifik, karena tidak mungkin anda head to head dengan pemain lama, jadi anda harus bisa memilih siapa target market dari usaha event organizer ini
 
2. Jasa apa saja yang bisa anda tawarkan untuk usaha event organizer ini, apakah untuk seluruh acara atau hanya terbatas acara tertentu saja, misalnya seminar, workhsop, pameran, dll
3. Survey kompetitor Anda dan buatlah penawaran jasa yang terjangkau dan kompetitif bagi klien/customer anda
4. Buatlah strategi promosi yang unik, dan bisa cepat diketahui oleh target market anda, bisa dalam bentuk program maupun penawaran-penawaran discount spesial bagi customer yang ingin menggunakan jasa usaha event organizer anda.


Semoga bermamfaat, terutama buat teman saya Aminullah Nasution yang sekarang lagi buka usaha event organizer yang namanya eo bijak.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: